Kamis, 24 Desember 2009

Keburukan Struktur Organisasi Lini/Staff

Organisasi ialah kumpulan dari sekelompok orang yang mendirikan suatu wadah untuk mencapai suatu tujuan yang telah disepakati bersama,dan dengan berprinsip pada azas-azas yang telah ditentukan.

Pengertian Organisasi Lini (Line Organization)

Dalam jenis organisasi ini, pembagian tugas dan wewenang terdapat perbedaan yang tegas antara pimpinan dan pelaksanaan. Peran pimpinan dalam hal ini sangat dominan dimana semua kekuasaan di tangan pimpinan. Oleh sebab itu dalam pelaksanaan kegiatan yang utama adalah wewenang dan perintah.

Organisasi Staf (Staff Organization)

Dalam organisasi ini, tidak begitu tegas garis pemisah antara pimpinan dan staf pelaksana. Peran staf bukan sekedar pelaksana perintah pimpinan namun staf berperan sebagai pembantu pimpinan.

Keburukan Struktur Organisasi Lini / Staff

-Keburukan struktur organisasi lini :
Kelemahannya jenis organisasi ini kurang manusiawi, dan para pelaksana tugas atau bawahan hanya dipandang sebagai robot yang senantiasa siap melaksanakan perintah.

-Keburukan struktur organisasi staff :
Meskipun organisasi ini lebih baik dari struktur organisasi lini, yang mampu memberikan keputusan-keputusan, atau pemikiran-pemikiran terhadap masalah yang dihadapi. Namun keputusan-keputusan tersebut yang akan memakan waktu lebih lama dan melewati perdebatan-perdebatan yang sangat melelahkan.

Jadi dari yang sudah di jabarkan di atas, dapat diambil kesimpulan ;
Bahwa dari kedua struktur di atas dapat memiliki kelemahan, dan kebaikan yang dapat kita ambil maknanya.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates