Rabu, 21 Oktober 2009

Organisasi Ideal

Organisasi merupakan sekumpulan orang yang membentuk suatu wadah yang mempunyai visi dan musi untuk mencpai tujuan bersama. Satu organisasi memiliki visi dan misi yang berbeda dengan organisasi lainnya. Setiap organisasi menginginkan tujuannya tercapai, pada saat itulah suatu organisasi dapat dikatakan ideal. Di bawah ini akan dijelaskan faktor-faktor yang dapat mengantar sebuah organisasi menjadi organisasi yang ideal.
1. Memiliki VIsi dan Misi yang memenuhi kriteria
Visi menggambarkan tujuan atau kondisi ke depan yang akan dicapai. Jika suatu organisasi memiliki tujuan yang jelas, maka seluruh instrument yang ada di dalamnya dapat mendukung secara penuh demi tercapainya tujuan tersebut. Visi yang ideal harus memiliki beberapa kriteria lain, yakni dapat menggambarkan secara penuh tujuan organisasi. Selain itu harus bias menimbulkan emosi positif Misi menggambarkan … Misi yang ideal memiliki beberapa kriteria, diantaranya adalah harus dapat mengakomodasi perkembangan organisasi di masa yang akan datang.
2. Memiliki Peraturan
Yang dimaksud dengan peraturan disini adalah sebuah peraturan yang dapat mengikat anggotanya. Peraturan itu harus mengikat agar dapat mendukung tercapainya tujuan organisasi.
3. Memiliki Profesionalisme di Setiap Anggotanya
Profesionalisme merupakan sikap professional yang dimiliki seseorang dalam menghadapi dan menjalankan profesinya. Jika setiao anggota di dalam suatu organisasi memiliki profesionalisme, maka sangatlah mungkin tujuan organisasi dapat segera tercapai bahkan melebihi yang diharapkan.
4. Rencana kerja
Di dalam suatu organisasi rencana kerja setiap anggota harus dibuat secara matang.
5. Sumber Daya yang Unggul
Sumber daya manusia, sumber daya dana dan sumber daya alam (alat-alat penunjang) haruslah sumber daya yang unggul. Sumber daya yang unggul secara otomatis dapat menunjang kinerja suatu organisasi. Namun tidak menutup kemungkinan dapat menjadi suatu sumber masalah.
Namun semua itu bukanlah ukuran yang tepat. Idealisme suatu organisasi dapat tercapai sesuai dengan keadaan ya

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates