Selasa, 23 November 2010

Apakah itu sayir?? Syair adalah salah satu jenis puisi lama. Syair berasal dari Persia(sekarang Iran) dan telah dibawa masuk ke Nusantara bersama-sama dengan kedatangan Islam. Kata syair berasal dari bahasa Arab syu’ur  yang berarti perasaan. Kata syu’ur berkembang menjadi kata syi’ru yang berarti puisi dalam pengertian umum. Syair dalam kesusastraan Melayu merujuk pada pengertian puisi secara umum. Akan tetapi, dalam perkembangannya syair tersebut mengalami perubahan dan modifikasi sehingga menjadi khas Melayu, tidak lagi mengacu pada tradisi sastra syair di negeri Arab. Prnyair yang berperan besar dalam membentuk syair khas Melayu adalah Hamzah Fansuri dengan karyanya, antara lain Syair Perahu, Syair Burung Pingai, Syair Dagang, dan Syair Sidang Fakir. Menurut isinya, syair dapat dibagi menjadi lima golongan, sebagai berikut.
  1. Syair Panji
            Syair panji menceritakan tentang keadaan yang terjadi dalam istana dan keadaan orang-orang yang berada atau berasal dari dalam istana. Contoh syair panji adalah syair Ken Tambuhan yang menceritakan tentang seorang putrid bernama Ken Tambuhan yang dijadikan persembahan kepada Sang Ratu Kauripan.
  1. Syair Romantis
            Syair romantic berisi tentang percintaan yang biasanya terdapat pada cerita pelipur lara, hikayat, maupun cerita rakyat. Contoh syair romantic yakni syair Bidasari yang menceritakan tentang seorang putri raja yang telah dibuang ibunya. Setelah beberapa lama ia dicari Putra Bangsawan(saudaranya) untuk bertemu dengan ibunya. Pertemuan pun terjadi dan akhirnya memaafkan ibunya, yang telah membuang dirinya.
  1. Syair Kiasan
            Syair kiasan berisi tentang percintaan ikan, burung, bunga atau buah-buahan. Percintaan tersebut merupakan kiasan atau sindiran terhadap peristiwa tertentu. Contoh syair kiasan adalah Syair Burung Pungguk yang isinya menceritakan tentang percintaan yang gagal akibat perbedaan pangkat, atau seperti perumpamaan “seperti pungguk merindukan bulan”.
  1. Syair Sejarah
            Syair sejarah adalah syair yang berdasarkan peristiwa sejarah. Sebagian besar syair sejarah berisi tentang peperangan. Contoh syair sejarah adalah Syair Perang Mengkasar. Berisi tentang perang antara orang-orang Makasar dengan belanda.
  1. Syair Agama
            Syair agama merupakan syair terpenting. Syair agama dibagi menjadi empat yaitu; syair sufi, syair tentang ajaran islam, syair riwayat cerita nabi, dan syair nasihat.

Perlu diketahui, setiap syair pasti mengandung pesan tertentu. Pesan tersebut dapat disimpulkan setelah memahami isi sebuah syair.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates