Jumat, 05 November 2010


Pengertian Bahasa
Bahasa merupakan alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Mungkin ada yang mengatakan bahwa ada alat komunikasi lain selain bahasa, misalnya penggunaan alat,simbol, dan lain sebagainya, namun hal ini banyak sekali kelemahanya.(Gorys Keraf,1997:1).
Fungsi Bahasa
Menurut Felicia (2001:1), dalam berkomunikasi sehari-hari, salah satu alat yang paling sering digunakan adalah bahasa, baik bahasa lisan maupun bahasa tulis. Begitu dekatnya kita dengan bahasa, terutama Bahasa Indonesia, sehingga tidak dirasa perlu untuk mendalami dan mempelajari Bahasa Indonesia.
Menurut Keraf (1997:3), pada dasarnya bahasa memiliki fungsi tertentu yang digunakan berdasarkan kebutuhan seseorang, yaitu sebagai alat untuk mengekspresikan diri, alat untuk berkomunikasi, alat untuk mengadakan integrasi, dan beradaptasi sosial dalam lingkungan atau situasi tertentu, dan sebagai alat untuk melakukan kontrol sosial.
Bahasa Sebagai Alat Komunikasi
Bahasa sebagai alat komunikasi merupakan saluran perumusan maksud kita, melahirkan perasaan kita dan memungkinkan kita menciptakan kerja sama dengan sesama. Bahasa mengatur berbagai macam aktivitas kemasyarakatan,merencanakan dan mengerahkan masa depan kita.(Gorys Keraf,1997:4).
                Pada kita menggunakan bahasa untuk berkomunikasi, antara lain kita juga mempertimbangkan apakah bahasa yang kita gunakan laku untuk dijual. Sehingga kita sering mendengarkan istilah “Bahasa Komunikatif”.
Contoh Fungsi Bahasa Sebagai Alat Komunikasi
Dalam kehidupan sehari-hari kita berinteraksi dengan manusia menggunakan bahasa, agar maksud dari tujuan kita dapat tersampaikan kepada yang dituju.
Contoh :
Lambang bilangan yang dapat dinyatakan dengan satu atau dua kata ditulis dengan huruf kecuali jika beberapa lambang bilangan dipakai secara berurutan, seperti dalam pemerincian dan pemaparan.
Misal:
-          Amir menonton drama itu sampai tiga kali.
-          Ayah memesan tiga ratus ekor ayam.
-          Di antara 72 anggota yang hadir, 52 orang memberikan suara setuju, 15 suara tidak setuju, dan 5 suara blanko.
-          Kendaraan yang ditempuh untuk pengangkutan umum berjumlah 50 bus, 100 helicak, dan 100 bemo.
Contoh di atas merupakan pengertian dari bahasa untuk tulisan.
Sedangkan untuk lisan ialah;
Apabila kita memanggil seseorang harus ada penempatan dalam tingkatan gender, dan umur. Contoh: Adik, Bapak, Ibu, Kakak.

Dan contoh lainnya dari simbol-simbol yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hai untuk menyampaikan pesan tertentu.
Contoh: simbol “Stop” dalam rambu lalu lintas, yang dimaksudkan untuk kendaraan berhenti.

Kesimpulan
Jadi bahasa sebagai alat komunikasi sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya dengan lisan dan tulisan, tetapi kita dapat menggunakan simbol dan juga menggunakan bahasa tubuh, untuk menyampaikan pesan terhadap lawan bicara kita, agar maksud dari tujuan kita tersampaikan.



0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates