Jumat, 30 Oktober 2009

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, organisasi tidak bias lepas dari kehidupan manusia. Keberhasilan dan kesuksesan suatu organisasi ditentukan oelh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut juga telah di jelaskan pada tulisan saya sebelumnya. Keberhasilan dari suatu organisasipun memiliki kategori yang berbeda.

Di bawah ini akan digambarkan beberapa kategori keberhasilan suatu organisasi beserta faktor yang mendukungnya.

Visi & nilai

Misi

Aturan

Profesionalisme

Insentif

Sumber Daya

Rencana Kerja

Kemajuan


Misi

Aturan

Profesionalisme

Insentif

Sumber Daya

Rencana Kerja

Rusak

Visi & nilai


Aturan

Profesionalisme

Insentif

Sumber Daya

Rencana Kerja

Bingung

Visi & nilai

Misi


Profesionalisme

Insentif

Sumber Daya

Rencana Kerja

Konflik Kepentingan

Visi & nilai

Misi

Aturan


Insentif

Sumber Daya

Rencana Kerja

Resah

Visi & nilai

Misi

Aturan

Profesionalisme


Sumber Daya

Rencana Kerja

Lambat

Visi & nilai

Misi

Aturan

Profesionalisme

Insentif


Rencana Kerja

Frustasi

Visi & nilai

Misi

Aturan

Profesionalisme

Insentif

Sumber Daya


Salah Tingkah

Gambar di atas merupakan kategori keberhasilan suatu organisasi di mana tingkat keberhasilan akan sempurna apabila memenuhi kriteria pendukungnya. Jika salah satu tidak dapat terpenuhi, maka kemungkinan hasilnya adalah adanya kemajuan, rusak, bingung, konflik kepentingan, resah, lamban, brutal, ataupun salah langkah.

1. Kategori organisasi yang mengalami kemajuan

Dalam kategori ini seluruh faktor penunjang terpenuhi. Mereka memiliki visi dan misi yang terarah dan jelas, memiliki aturan yang dapat mengikat anggotanya sehingga tidak mengganggu profesionalisme dan rencana kerja yang telah ditentukan. Pemilihan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang berkualitas juga telah mendukung kemajuan suatu organisasi. Maka dari itu organisasi seperti ini dapat dikategorikan sebagai organisasi yang maju.

2. Kategori organisasi rusak

Organisasi ini dikatakan rusak karena tidak memiliki misi yang jelas. Misi yang merupakan tujuan dari organisasi merupakan faktor penting. Jika suatu organisasi tidak memiliki tujuan yang jelas, untuk apa organisasi itu dibentuk? Organisasiyang rusak sama dengan organisasiyang hancor atau tidak ada organisasi sama sekali.

3. Kategori organisasi yang mengalami kebingungan

Organisasi ini mengalami kebingungan atas aturan yang tidak dimiliki oleh organisasi. Tidak ada sesuatu yang mengikat sehingga seluruh kegiatan organisasi berjalan tidak sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Hal ini dapat menimbulkan kekacauan di antara anggota organisasi. Para anggotanya dapat berbuat sembarangan. Organisasi akan sulit menyatukan tujuan di antara anggotanya.

4. Kategori organisasi yang mengalami konflik kepentingan

Organisasi jenis ini mengalami konflik kepentingan. Masing- masing anggotanya bersaing untuk mendahulukan kepentingannya atas nama organisasi. Konflik ini menyebabkan adanya kesenjangan di dalam organisasi sehingga menghambat kemajuan suatu

5. Kategori organisasi yang mengalami keresahan

Profesionalisme anggota organisasi tidak dimiliki oleh organisasi jenis ini. Panggotanya tidak bertanggung jawab atas tugas masing-masing. Peraturan yang ada juga seringkali dilanggar oleh anggotanya. Akibatnya anggota yanglain merasa resah karena hasil kerja mereka terhambat oleh anggota yang tidak memiliki profesionalisme.

6. Kategori organisasi yang lambat

Segala kegiatan organisasi memerlukan dana. Organisasi ini tidakmempunyai asupan dana yang cukup, bahkan cenderung kurang. Oleh karena itu organisasi ini sangat lambat dalam mempeoleh kemajuan.

7. Kategori organisasi frustasi

Frustasi yang dialami organisasi ini disebabkan oleh kurang atau sedikitnya sumberdaya atau anggota di dalamnya. Jika tidak diatasi organisasi in akan mengalami kehancuran atau akan jalan ditempat.

8. Kategori Organisasi salah langkah

Organisasi jenis ini berjalan tidak sesuai dengan tujuannya. Rencana kerja yang buruk dan tidak sesuai dengan keadaan adalah penyebab utama dari kondisi ini.

Rabu, 21 Oktober 2009

Organisasi merupakan sekumpulan orang yang membentuk suatu wadah yang mempunyai visi dan musi untuk mencpai tujuan bersama. Satu organisasi memiliki visi dan misi yang berbeda dengan organisasi lainnya. Setiap organisasi menginginkan tujuannya tercapai, pada saat itulah suatu organisasi dapat dikatakan ideal. Di bawah ini akan dijelaskan faktor-faktor yang dapat mengantar sebuah organisasi menjadi organisasi yang ideal.
1. Memiliki VIsi dan Misi yang memenuhi kriteria
Visi menggambarkan tujuan atau kondisi ke depan yang akan dicapai. Jika suatu organisasi memiliki tujuan yang jelas, maka seluruh instrument yang ada di dalamnya dapat mendukung secara penuh demi tercapainya tujuan tersebut. Visi yang ideal harus memiliki beberapa kriteria lain, yakni dapat menggambarkan secara penuh tujuan organisasi. Selain itu harus bias menimbulkan emosi positif Misi menggambarkan … Misi yang ideal memiliki beberapa kriteria, diantaranya adalah harus dapat mengakomodasi perkembangan organisasi di masa yang akan datang.
2. Memiliki Peraturan
Yang dimaksud dengan peraturan disini adalah sebuah peraturan yang dapat mengikat anggotanya. Peraturan itu harus mengikat agar dapat mendukung tercapainya tujuan organisasi.
3. Memiliki Profesionalisme di Setiap Anggotanya
Profesionalisme merupakan sikap professional yang dimiliki seseorang dalam menghadapi dan menjalankan profesinya. Jika setiao anggota di dalam suatu organisasi memiliki profesionalisme, maka sangatlah mungkin tujuan organisasi dapat segera tercapai bahkan melebihi yang diharapkan.
4. Rencana kerja
Di dalam suatu organisasi rencana kerja setiap anggota harus dibuat secara matang.
5. Sumber Daya yang Unggul
Sumber daya manusia, sumber daya dana dan sumber daya alam (alat-alat penunjang) haruslah sumber daya yang unggul. Sumber daya yang unggul secara otomatis dapat menunjang kinerja suatu organisasi. Namun tidak menutup kemungkinan dapat menjadi suatu sumber masalah.
Namun semua itu bukanlah ukuran yang tepat. Idealisme suatu organisasi dapat tercapai sesuai dengan keadaan ya

Selasa, 13 Oktober 2009


Menurut John C. Naxwell, pemimpin sejati idealnya mempunyai tujuan hidup yang jelas dan terutama mempunyai minat yang besar untuk memimpin umat manusia menuju tujuan yang jelas. Minat yang besar dalam memimpin suatu perusahaan, institusi atau sekelompok besar manusia / profesionaI atau umat adalah salah satu sumber motivasi terbesar dan penting dari dalam diri seseorang pemimpin yang berhasil. John menyarankan bagi para calon pemimpin agar berhasil yaitu pertama-tama agar mempunyai tujuan hidup yang jelas, yang dipahaminya benar, yang sangat diinginkan dan diperjuangkannya, sehingga banyak orang akan mendukungnya, dengan sukarela atau termotivasi untuk mengikutinya pula.

Kemudian prinsip yang lain, ialah Growth (pertumbuhan). Yang dimaksudkan dengan pertumbuhan karena siapa saja yang bias menjalankan suatu organisasi dengan konsisten dan dapat terus berkembang maju, maka dialah yang termasuk dalam criteria pemimpin sejati yang sukses.pemimpin sudah tentu telah melewati proses yang sangat panjang, dari level bawah pada scope-nya yang terbatas,hingga berkembang terus menjadi semakin besar, semakin dipercaya banyak orang, semakin membawa pengaruh terhadap bawahan,dan pada tahap akhir mencapai puncak kepemimpinan yang mempengaruhi dan mengkoordinasikan keputusannya.
Berkali-kali John mengatakan dan mengingatkan bahwa menjadi pemimpin sejati adalah juga membantu pengikut untuk menjadi pemimpin-pemimpin baru, pemimpin divisi, pemimpin bagian-bagian yang lebih kecil, setidaknya pemimpin bagi dirinya sendiri. Menurut John, memimpin akan berhasil dengan lebih cepat dan lebih efektif apabila sang pemimpin utama juga memberdayakan banyak pemimpin baru, menempatkan pemimpin baru tersebut sebagai kepala unit, divisi, bagian dsb. Sehingga mereka dapat memberdayakan unit yang lebih kecil, menjadi rantai penghubung yang memperkuat perputaran pimpinan utama, sehingga daya gerak dan daya tumbuhnya menjadi bertambah, berkembang mencapai optimum capacity!

Menjadi seorang pemimpin harus bisa menjadi panutan bagi semua orang,ini ada beberapa karakter seorang pemimpin/seorang pemenang...
• 10 Karakter Pemimpin & 10 Karakter Bukan pemimpin.

1). Ketika pemimpin melakukan kesalahan dia berkata "saya salah!"

- Ketika bukan pemimpin melakukan kesalahan dia berkata, "ini bukan salah saya!"

2).pemimpin berkata," saya sudah baik, tapi saya bisa lebih baik lagi!"

- bukan pemimpin berkata ," saya tidak sejelek orang lain!".

3). pemimpin mencoba belajar dari setiap orang yang lebih baik dari pada dia.

- bukan pemimpin selalu mencoba menjatuhkan orang lain.

4). pemimpin berkata," Mari saya kerjakan ini untuk Anda!"

- bukan pemimpin berkata, " Itu bukan pekerjaan saya!".

5). pemimpin berkata, " Pasti ada cara lebih baik mengerjakannya!"

- bukan pemimpin berkata," Begitulah biasanya dikerjakan disini!"

6). pemimpin berkata, "ini sulit tapi mungkin!"

- bukan pemimpin berkata."ini mungkin tapi sangat sulit untuk mengerjakan!".

7). pemimpin selalu mempunyai rencana.

- bukan pemimpin selalu cari alasan.

8). pemimpin mempunyai komitmen-komitmen

- bukan pemimpin hanya berjanji-janji saja.

9).pemimpin selalu menjadi bagian dari jawaban

- bukan pemimpin selalu menjadi bagian dari masalah.

10).pemimpin tuntas memecahkan masalah.

- bukan pemimpin selalu tanggung-tanggung & tidak pernah memecahkan


Dan beberapa point yang harus dilakukan oleh seseorang untuk menjadi pemimpin yang sukses.
• Menghargai hasil kinerja anak buah.
• Kesalahan pada anak buah merupakan tanggung jawab pemimpin.
• Mengajari tanpa henti dan tidak ragu memberikan ilmu.
• Peduli terhadap kepentingan dan kesibukan staff.
• Jadilah panutan dan tepat waktu.
• Memberitahukan informasi yang layak diketahui anak buah.
• Low profile.
Bila ke-tujuh point di atas sudah dijalankan dengan baik dan benar oleh pemimpin, maka pemimpin tersebut telah mendapatkan predikat pemimpin terbaik di antara para staff.

Minggu, 04 Oktober 2009

Pada pengkajian ini, sebenarnya untuk tugas kuliah saya tentang softskill.

Di sini saya akan mengkaji tentang pengertian Organisasi umum,

yang harus dimengerti oleh siapa saja yang akan terjun langsung dalam dunia organisasi.


1. Organisasi ialah kumpulan dari sekelompok orang yang mendirikan suatu wadah untuk mencapai suatu tujuan yang telah disepakati bersama,dan dengan berprinsip pada azas-azas yang telah ditentukan.


2. Disebut organisasi karena ada susunan pengurus dan ada anggota, serta tujuan atau cita-cita bersama (visi dan misi).


3. Ciri-ciri organisasi :

Ø Rumusan batas-batas operasionalnya (organisasi) jelas : Dalam pencapaian tujuan-tujuan berdasarkan kesepakatan bersama, kegiatan operasional suatu organisasi dibatasi oleh ketetapan yang mengikat kepentingan bersama.

Ø Mempunyai identitas yang jelas,Organisasi akan diakui oleh masyarakat disekelilingnya apabila memiliki identitas yang jelas.

Ø Keanggotaan formal,status dan peran,setiap anggota telah mempunyai tugas dan peranan masing-masing yang telah ditetapkan dan sesuai dengan batasan-batasan yang telah di sepakati bersama.


4. Faktor-faktor yang menyebabkan organisasi berkembang :

Ø Keterbukaan antar kepengurusan.

Ø Kerjasama yang baik antara anggota.

Ø Adanya Visi-Misi untuk mencapai tujuan

Ø Adanya tanggung jawab antar pemimpin dan anggota

5. Menurut pendapat saya ; yang lebih dibutuhkan dalam sebuah organisasi adalah seorang pemimpin,karena pemimpin dapat mempengaruhi dan membawa orang lain ketempat yang mereka tuju dan pemimpin yang mendelegasikan tugas-tugas organisasi tersebut.

saya menulis artikel ini dari hasil pemikiran saya sendiri.

Jadi ada kemungkinan terjadinya perbedaan pendapat,untuk yang ingin menambahkan silahkan comment.


sukses^^....



Perkenalan

Hai...
Hajimemashite watashi wa Ruwana Marihart san desu,
untuk pertama kalinya saya membuat blog ini lebih baik saya perkenalkan diri saya dahulu...
saya memiliki nama Ruwana Marihart, yang memiliki arti "anak yang lahir di bulan Ruwah, dan memiliki hati yang sehat". Maaf kalo nama saya agak aneh di dengar,cuz bkn kemauan saya sih, tapi emang orang tua saya yang memiliki daya kreatifitas yang tinggi tuk menciptakan nama unik itu. Bagi kalian yang ingin lebih akrab dengan saya panggil ajha saya "Rhuru", itu nama julukan saya dari SMA yaaah...biar lebih simpel aja manggilnya.okhee gag!!

Kalo untuk hobby, rhuru paling suka menekuni olahraga bela diri Tae Kwon Do. Emang sih walau pun terlihat beresiko, tapi rhuru telah mengikuti bela diri ini dari SMP, yaaahh...karna skarang udah sibuk kuliah jd terpaksa berhenti dulu deh.(sayang bgt khaan T_T)

Truuz,..sapa aja yang mau kasih rhuru makanan, kasih aja sate padang ama es campur. Cuz itu makanan yang paling rhuru suka.hihihihi^^
Tapi untuk buku favorite, rhuru lebih suka baca komik jepun ama buku misteri.
Binatang peliharaan yang sekarang rhuru pelihara di rumah itu adalah kucing, ada tiga kucing di rumah yang namanya ; Putih,Keita,Kido.

Yawdah dweh...Perkenalan dari rhuru cukup segini dulu, klo masih ada yang mau tau pribadi rhuru lebih dalam, tanya ajha ama rhuru yaaa.....okheee!!!!!

;;

By :
Free Blog Templates